Sejarah Suku Toba

Suku Dunia ~ Orang Toba atau Batak Toba berdiam di daerah sekitar Danau Toba, Pulau Samosir, Dataran Tinggi Toba, Silindung, Sekitar Barus dan Sibolga sampai ke daerah pegunungan Bukit Barisan antara Pahae dan Habinsaran di Sumatera Utara.


Daerah tersebut sekarang termasuk dalam wilayah Kabupaten Tapanuli Utara. Jumlah populasinya sekarang sekitar 700.000 jiwa. Sebagian dari mereka banyak yang merantau ke berbagai daerah lain di Indonesia.

Agama Dan Kepercayaan Orang Toba

Orang Toba kebanyakan memeluk agama Prostestan, sedikit Katolik dan Islam. Pada zaman dulu mereka mengembangkan kepercayaan animisme yang berorientasi kepada pemujaan pelbegu (roh dari jiwa orang mati).

Serta kepercayaan politeisme yang meyakini adanya sejumlah dewa yang menguasai alam semesta. Di antaranya ada tiga tokoh dewa terpenting.

Pertama, Tuan Bumi Na Bolon, sebagai dewa yang menguasai dunia lapisan teratas. Kedua, Ompu Silaon Na Bolon, sebagai dewa yang menguasai dunia lapisan tengah, yaitu bumi. Ketiga, Tuan Pane Na Bolon yang menguasai dunia lapisan bawah.

Di antaranya ada pula satu tokoh dewa tertinggi yang disebut Ompu Tuan Mula Jadi Na Bolon yang dianggap sebagai tokoh yang menurunkan manusia.

Referensi : Bangun 1983, Depdikbud 1978, Loeb 1972
loading...
Kamu sedang membaca artikel tentang Sejarah Suku Toba Silahkan baca artikel Suku Dunia Tentang | Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Sejarah Suku Toba Sebagai sumbernya

0 Response to "Sejarah Suku Toba"

Post a Comment

Sejarah Suku Lainnya